Desa Panunggalan

Kec. Pulokulon
Kab. Grobogan - Jawa Tengah

Info
MUSIM PENGHUJANG TELAH TIBA. AYO JAGA KESEHATAN DIRI DAN KELUARGA DARI DEMAM BERDARAH

Artikel

REMBUK STUNTING UPAYA PEMERINTAH DESA BERGERAK CEGAH DAN ATASI STUNTING

SIP-Sistem Informasi Panunggalan

18 Juli 2023

52 Kali dibuka

Rembuk Stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun berikutnya, dan menjadi amanat Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanganan stunting. Proses Rembuk Stunting berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, PAUD, masyarakat Desa, dan unsur-unsur lainnya dengan pemerintah Desa dan BPD untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Desa khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Desa.

Pemerintah Desa Panunggalan melaksanakan kegiatan Rembuk Stunting dilaksanakan pada hari ini Selasa, (18/07/2023) di Aula Pertemuan Desa Panunggalan. Rembuk Stunting ini berguna mendukung program pemerintah dalam mencegah gejala stunting.

Kegiatan ini dihadiri Kasi Kesra Kecamatan Pulokulon, Pendamping Desa, BPD beserta anggota, LPMD  beserta anggota, TP PKK, Babinsa, Babinkamtibmas, Pendamping PKH, Kepala Puskesmas Pulokulon I serta  seluruh Kader Posyandu dan Kader Kesehatan Desa Panunggalan.

Kepala Desa Panunggalan, Moch. Pujiyanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Desa Panunggaalan terlapor ada 37 (tiga puluh tujuh) anak Stunting yang tersebar 4 empat wilayah Dusun Krajan, Padangan, Kedungwungu dan Ngampel.

“Di Panunggalan terlapor ada 37 anak Stunting, dan Pemerintah Desa telah menganggarkan dana untuk penanganan tersebut berupa PMT dan kegiatan edukasi pencegahan Stunting serta gencar sosialisasi di Posyandu bersama Kader dan tenaga kesehatan” jelas Kades Panungglan.

Pada kesempatan ini, Kepala Desa juga berpesan dengan adanya RDS (Rumah Desa Sehat) agar difungsikan secara optimal sebagai tempat kerja bidang Kesehatan di tingkat Desa.

Selanjutnya, Ketua TP PKK Panunggalan menyampaikan upaya penanganan anak Stunting yang telah dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK Desa Panunggalan. Dari jajaran Puskemas Pulokulon memaparkan tentang faktor penyebab Stunting dan  pencegahan maupun penanganannya.

Di dalam melaksanakan konvergensi intervensi untuk pencegahan stunting di tingkat Desa, rembuk Stunting merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan untuk mengkonsolidasi usulan-usulan kegiatan berdasarkan data hasil pemetaan lima paket layanan yang telah dikumpulkan oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM). 

Rembuk Stunting dilakukan melalui diskusi terarah untuk mendapatkan komitmen desa dan menyepakati kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan untuk memastikan konvergensi baik yang akan dilakukan pada tahun berjalan maupun untuk dimasukkan dalam RKP Desa tahun berikutnya.

Dipenghujung acara, dari beberapa unsur yang mengikuti kegiatan ini mengusulkan beberapa kegiatan untuk pencegahann dan penanganan Stunting, contoh diadakan Cooking Class, Pendataan Intensif, peningkatan kegiatan di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan kembali diaktifkan Posyandu Remaja.

Reporter : PPID Panunggalan

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

CAPTCHA Image

Komentar Facebook

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Panunggalan

Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah

Aparatur Desa

Kepala Desa

MOCH. PUJIYANTO

Sekretaris Desa

AHMAD MUNTHOHAR

Kaur Perencanaan

NGADNAN

Kaur Keuangan

NGADENAN

Kasi Kesra

YAHMAN

Kasi Pemerintahan

SRI WAHYUNI

Kadus Krajan

NUR FAIZIN, S.Pd

Kaur TU dan Umum

SYAMSUL HUDA MUH, S.Kom

Kasi Pelayanan

SIGIT DWI CAHYONO, S.Pt

Kadus Kedungwungu

BAMBANG TRI MULYANTO

Kadus Padangan

MUNAWAN

Kadus Ngampel

TRI CAHYADI

Pegawai Desa

PUJI SLAMET, S.Pd

Pegawai Desa

SITI KALIFATUN MUNAFIAH

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-7.128751173086256
Longitude:111.07157886028291

Desa Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan - Jawa Tengah

Buka Peta

Wilayah Desa