12 August 2022

Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan menyelenggarakan Penyuluhan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2022  untuk Desa Panunggalan Kecamatan Pulokulon pada hari Selasa (25/02/2022) di Pendopo Kantor Desa Panunggalan.

Hadir pula pada penyuluhan ini, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Grobogan, Iwan Nuzuardhi,Pores Grobogan, Eko Arif Piyanto, S.H, Asisten 1 Pemkab Grobogan Drs. Teguh Harjokusumo.R, M, Si.dan Camat Pulokulon, Sudarmoyo, S.Sos., M.H.

Karena kondisi masih pandemi Covid-19 level 2, maka penyuluhan ini hanya mengundang beberapa perwakilan Peserta Program PTSL, Semua Ketua RT, RW, Perangkat Desa dan Panitia Desa. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Panunggalan, Moch. Pujiyanto pada pembukaan penyulihan ini.

Kepala Desa Panunggalan, Moch. Pujiyanto pada sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun 2022 ini, Desa Panunggalan mendapatkan kesempatan mengikuti Program PTSL dengan sebutan “Sapu Jagat”, karena pendaftaran diberikan keleluasaan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan.

“Tidak seperti PTSL pada than lalu, tahun ini Panunggalan diberikan kuota yang besar. Karena PTSL tahun ini “Sapu Jagat” Sertifikasi Tanah yang belum pernah didaftarkan sertifikasi”. Kata Mbah Yanto panggilan akrabnya.

Selanjutnya, Koes Darjati, Aptnh, Ketua Panitia PTSL Tim 4 Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan memberikan penyuluhan PTSL ini menyampaikan bahwa PTSL ini berbeda dengan program Prona jaman dulu. Perbedaan itu terlihat dari Syarat Kepesertaan dan luasan bidang tanah.

“Pada Prona dulu ada batasan peserta program dari Keluarga Tidak mampu dan luasan tanah terbatas. Untuk PTSL ini lain, semua warga yang memiliki tanah belum bersertifikat dengan  luasan berapapun dapat mendaftar”. Ucap Keuta panitia Tim 4 tersebut.

Dengan adanya penyuluhan tersebut diharapkan bisa mengedukasi para pemohon PTSL akan tahap-tahap yang akan ditempuh selanjutnya. Sehingga ke depannya ketika sudah berjalan pada tahap selanjutnya ada kesepahaman antara ATR/BPN, Panitia dan juga pemohon.

Semoga program ini dapat terselesaikan dengan baik dan lancar sampai akhir. Pihak-pihak yang berkepentingan dan terlibat dapat bekerjasama dengan baik. Sehingga program dapat terlaksana dan sukses untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.