MANTAPNYA SISTEM TES CBT (Computer Based Test )

MANTAPNYA SISTEM TES CBT (Computer Based Test )

Senin Wage, 7 Juni 2021 menjadi hari bersejarah bagi ribuan pelamar perangkat desa mengikuti tes. Mereka memperebutkan 970 jabatan perangkat di 229 desa pada 19 kecamatan.

Kabid Pemerintah Desa Dispermades Grobogan Agus Prihantono mengatakan, dari 273 Desa se-Kabupaten Grobogan, ada 229 yang menggelar ujian perangkat desa. Rincianya untuk lowongan untuk kepala Dusun ada 307, Kepala Seksi ada 321, dan Kepala Urusan ada 339.

Sistem tes yang dilaksanakan oleh desa dalam penyaringan perangkat desa ini mayoritas menggunakan sistem tes manual/naskah. Namun, ada beberapa desa yang menggunakan sistem tes CAT (Computer Assisted Test ).

Desa yang melaksanakan sistem tes tersebut diantaranya adalah Desa Panunggalan Kecamatan Pulokulon yang bekerja sama dengan IAIN Kudus. hal tersebut berbeda dengan 11 (sebelas) Desa lainnya di Kecamatan Pulokulon yang bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta dengan sistem tes naskah/manual.

Tempat tes penyaringan perangkat Desa Panunggalan bertempat di laboratorium computer IAIN Kudus Lantai 4. Pelaksanaan ujian dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 11.40 WIB ( 100 menit).

Ketua Panitia, Drs. M. Karmain menyampaikan bahwa pelaksanaan ujian Desa Panunggalan ini berbeda dengan pelaksanaan pada periode sebelumnya. Yang mana pada ujian penyaringan pada tahun 2021 ini menggunakan system tes CAT (Computer Assisted Test ) yang difasilitasi oleh IAIN Kudus.

Drs. M. Karmain, Ketua Panitia Penyaringan Perangkat Desa Panunggalan saat mengumumkan hasil akhir nilai tes penyaringan perangkat desa (07/06/2021)
“Beberapa kali saya menjadi Panitia Penyaringan Perangkat Desa, baru kali ini dengan system tes CAT (Computer Assisted Test )” katanya dengan puas dan bangga.

Dalam ruang ujian, peserta dengan tenang dan serius mengerjakan soal-soal ujian. Namun berbeda di ruang lobi kampus yang memasang LCD Proyektor untuk menampilkan pergerakan penilaian para peserta ujian. Panitia dan para tamu yang hadir sangat riuh melihat pergerakan nilai dari para peserta.

Suasana saat tes berlangsung di laboratorium Komputer IAIN Kudus, Jawa Tengah

Selain itu, pihak pemerintah Desa Panunggalan juga mempublikasikan pelaksanaan ujian ini secara langsung (live streaming) melalui Saluran Youtube SID Panunggalan.

Menurut Kepala Desa Panunggalan, Moch. Pujiyanto, bahwa pelaksanaan ujian pada tahun ini benar-benar memuaskan dan sesuai komitmen bersama bahwa Desa Panunggalan mencari SDM yang berkualitas dengan ujian sistem CAT yang bekerja sama dengan IAIN Kudus.

“kami sangat puas dengan pelaskanaan ujian perangkat kali  ini, terima kasih IAIN Kudus yang berintegritas” jelasnya.

Tes CAT (Computer Assisted Test ) ini berbeda secara teknis dengan tes manual. Kelebihan sistem CAT, setelah peserta menyelesaikan tes, nilai otomatis akan muncul karena penilaian secara sistem. Sehingga proses penilaian lebih cepat dan tidak banyak memakan waktu.

Reporter : Nur Faizin

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *