Tetap Meriahkan Idul Fitri Tanpa "Takbir Keliling" dan "Open House"

Guna untuk mencegah penyebaran penularan virus covid 19 dan untuk menciptakan situasi Kamtibnas yang aman dan konduksif di wilayah Kecamatan Pulokulon dengan ini Pemerintah Desa Panunggalan secara resmi secara resmi melarang aktivitas takbir keliling saat malam Hari Raya Lebaran atau Idul Fitri 1442 Hijriah dan kegiatan Open House.

“Mohon Maaf, Takbir keliling tahun ini ditiadakan. Pokoknya, semua kegiatan yang menimbulkan kerumunan sebisa mungkin kita dicegah.” ungkap Kepala Desa Panunggalan, Moch. Pujiyanto

Larangan tersebut berdasarkan Surat Edaran Bupati Grobogan Nomor : 305/709/2021 tanggal  5 April 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Kabupaten Grobogan. Selain SE tersebut, pelarangan takbir keliling merujuk Keterangan Pers Menteri Agama Repoblik Indonesia tanggal 19 April 2021 tentang tidak berkenannya kegiatan takbir keliling.

Moch. Pujiyanto menyebutkan bahwa akan ada pengawasan ketat dari Satgas Penanganan COVID-19 saat menjelang hingga setelah Idul Fitri, untuk mencegah bermunculan klaster baru penularan COVID-19.

Selain pelarangan takbir keliling pada malam Idul Fitri 1442 H tahun 2021, kegiatan buka berdama pada bulan ramadhan dan Open House/Halal Bihalal pada hari raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021 juga ditiadakan. Hal tersebut sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI tertanggal 4 Mei 2021.

Kepada Imam dan Takmir Masjid / Musholla dimohon agar menghimbau kepada para jama’ah agar melaksanakan takbir Masjid / Musholla tanpa takbir keliling.  Dan apabila di wilayahnya ada warga yang positif Covid 19 supaya dihimbau tidak melaksanakan sholat berjamaah di masjid / musholla.

“Saya minta agar para Kepala Dusun, RT dan RW membantu memberikan himbauan kepada masyarakat terkait pelarangan ini. Dimohon juga agar untuk menunjang optimalisasi fungsi posko PPKM” tambahnya.

“Untuk itu, Kepala Desa Panunggalan menghimbau agar kepada perantau agar menunda atau tidak Mudik pada tahun ini, rayakan kemenangan fitri ini di tempat masing-masing demi menjaga kesehatan bersama” pungkas Kades.