Pengisian Kekosongan Perangkat Desa 2021

JADUAL PELAKSANAAN PENYARINGAN PERANGKAT DESA
TAHUN 2021

Dalam rangka untuk pengisian kekosongan perangkat Desa di Pemerintah Desa Panunggalan, maka berdasarkan Surat Bupati Grobogan Nomor : 141.3/202.10/IV/2021 tanggal 9 April 2021 perihal Pengisian Perangkat Desa Tahun 2021, Pemerintah Desa Panunggalan akam mengadakan penyaringan pengisian Perangkat Desa. Penjaringan ini di buka umum bagi pendaftar yang memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan Peraturan Daerah Kabupaten Grobogan Nomor 07 Tahun 2016 yang telah diubah dengan Peraturan Daerah  Kabupaten Grobogan Nomor 05 Tahun 2018 dan Peraturan Bupati Grobogan Nomor 17 Tahun 2018 telah di ubah dengan Peraturan Bupati Grobogan Nomor 05 Tahun 2020 sebagai berikut :

  • Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Setia Kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta Pemerintah;
  • berpendidikan paling rendah Sekolah Menengah Umum atau sederajat;
  • berusia 20 (dua puluh ) tahun sampai dengan 42 (Empat Puluh Dua ) tahun;
  • Warga Negara Republik Indonesia;
  • bersedia menjadi penduduk dan berdomisili di desa setempat terhitung sejak pelantikan;
  • berbadan sehat ;
  • berkelakuan baik ;
  • Bebas Narkoba;
  • mampu mengopersaikan Komputer ; dan
  • khusus bagi pegawai Negeri sipil wajib mendapatkan ijin tertulis dari Bupati.

Pemerintah Desa Panunggalan terdapat 2 kekosongan perangkat desa, yaitu Kasi Pelayanan dan Kaur TU dan Umum. Bagi Warga masyarakat yang memenuhi syarat, dapat mendaftar sesuai formasi yang diinginkan. Penjaringan dilakukan melalui Tes seleksi nilai tertinggi dengan sistem CAT (Computer Assisted Test).

Berikut Syarat pendaftaran :

  • Bakal calon mengajukan lamaran secara tertulis dengan tangan sendiri terhadap formasi kekosongan jabatan di atas kertas bermeterai Rp6.000,- yang ditujukan kepada Kepala Desa melalui Panitia, dengan melampirkan :
  • Pasfoto berwarna ukuran 4X6 sebanyak 4 (empat) lembar;
  • Daftar Riwayat Hidup;
  • Surat pernyataan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  • Surat pernyataan setia kepada Pancasila sebagai Dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta Pemerintah;
  • Foto copy ijasah/STTB yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
  • Foto copy akta kelahiran yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
  • Foto copy KTP dan KK dilegalisir oleh pejabat berwenang;( untuk Foto copy KK adalah KK cetakan terbaru yang sudah ada barcode tdk perlu Ligalisir)
  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter pemerintah;
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  • Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah;
  • Fotokopy ijasah/sertifikat keahlian komputer yang dilegalisir oleh lembaga penyelenggara keahlian tersebut;
  • Surat Pernyataan Bertempat Tinggal di Dusun sesuai dengan formasi lamaran yang dituju sejak dilantik menjadi Perangkat Desa (Kepala Dusun);
  • Khusus bagi bakal calon Perangkat Desa dari Pegawai Desa (Pegawai Honorer Desa) yang diangkat oleh Kepala Desa sebelum tahun 2010, selain melampirkan syarat-syarat tersebut di atas juga melampirkan syarat sebagai berikut  :
  1. Salinan Keputusan Pengangkatan ybs sebagai Pegawai Desa;
  2. Surat pernyataan melaksanakan tugas sampai dengan saat pendaftaran secara tidak terputus, yang diketahui oleh Kepala Desa;
  3. Surat Keterangan lama pengabdian yang dikeluarkan oleh Kepala Desa.