Kepala Dinas Sosial Grobogan Pasangi Tanda “Stiker” Rumah Penerima Bansos

Kepala Dinas Sosial Grobogan Pasangi Tanda “Stiker” Rumah Penerima Bansos

Secara simbolis Kepala Dinas Sosial Kabupaten Grobogan, Edy Santoso melakukan kunjungan ke Dusun Krajan Desa Panunggalan Kecamatan Pulokulon dalam rangka penempelan stiker di rumah warga menerima bantuan sosial (BPNT, PKH, KIP dan KIS/PBI), Jum’at (26/02/2021).

Pemasangan stiker itu dilakukan, agar bantuan PKH dan BSN tepat sasaran. Selain itu, stiker tersebut berfungsi sebagai tanda bahwa rumah tersebut merupakan warga penerima bantuan sosial. Dengan adanya pemasangan tanda ini masyarakat bisa ikut terlibat mengawasi proses penyaluran bantuan PKH dan BSN. Sehingga masyarakat bisa memantau kelayakan penerima bantuan.

Kadinas Sosial, Camat Pulokulon, Kades Panunggalan dan Pendamping Dinsos melakukan Penempelan tanda Stiker

Ikut serta pada kegiatan tersebut, Camat Pulokulon, Sudarmoyo, Kepala Desa Panunggalan, Moch. Pujiyanto, Kepala Dusun Krajan, Nur Faizin dan petugas dari Dinas Sosial Kabupaten Grobogan Wilayah kerja Kecamatan Pulokulon.

Hal tersebut sebagai bentuk transparansi dalam pemberian bantuan, sekaligus bahan evaluasi di masyarakat atas kelayakan warga penerima bantuan sosial. Dengan penempelan stiker ini di tiap-tiap rumah keluarga penerima bantuan sosial akan mempermudah petugas dalam penyaluran dan sebagai validasi dan verifikasi penerima bantuan.

“Mudah-mudahan dengan ini lebih transparan dan adil. Bantuan memang banyak tapi di saat pandemi ini sangat banyak juga orang yang terdampak secara sosial dan ekonomi. Dengan penandaan ini bantuan betul-betul diterima tepat sasaran,” ungkap Edy Santoso.

Camat Pulokulon, Sudarmoyo saat menempel tanda Stiker di rumah KPM Bansos Panunggalan

Kepala Desa Panunggalan, Moch. Pujiyanto menyampaikan bahwa penandaan penerima bantuan sosial ini akan dilakukan secara masif di Desa Panunggalan Kecamatan Pulokulon, sehingga masyarakat bisa langsung mengawasi proses penyaluran bantuan.

“Jika transparan, semua warga bisa ikut serta lihat kenapa sekarang menerima atau tidak. Padahal sebenarnya dia terkena dampak misalkan, makanya cepat-cepat lapor RT, RW, Kelurahan,” jelasnya.

Kepada warga KPM Bansos, Kepala Desa Panunggalan, Moch. Pujiyanto berpesan agar jangan melepas stiker. Jika melepas atau terbukti stiker tidak ada, maka akan dicabut kepesertaan penerima bantuan. Selanjutnya, Moch. Pujiyanto berpesan jika stiker terlepas atau rusak agar secepatnya menghubungi petugas terkait.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *