Rumah Keluarga Penerima Bansos Akan Ditempel “Stiker”

Rumah Keluarga Penerima Bansos Akan Ditempel “Stiker”

Pemerintah Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, segera memberlakukan kebijakan penempelan stiker pada rumah KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang menerima bantuan sosial sebagai penanda keluarga penerima manfaat. Sebanyak 10.417 KPM yang tersebar di 19 kecamatan di Kabupaten Grobogan

Tak luput akan dipasangi stiker tersebut mulai 26 Maret 2021, wilayah Desa Panunggalan Kecamatan Pulokulon tercatat sejumlah 1.094 KPM akan menjadi sasaran pemasangan stiker.

Stiker tersebut memuat bentuk / jenis bantuan sosial yang diterima oleh warga berupa BPNT, PKH, KIP dan KIS/PBI. Selain itu juga mempertegas bahwa jika stiker yang telah tertempel itu hilang/lepas, maka PKM dianggap mengundurkan diri sebagai penerima bantuan.

Hal tersebut sebagai bentuk transparansi dalam pemberian bantuan, sekaligus bahan evaluasi dan verifikasi di masyarakat atas kelayakan warga penerima bantuan sosial.

Ketika masyarakat juga ikut memantau dan mengawasi, setidaknya ketika ada kekeliruan dalam penyalurannya bisa dievaluasi kembali. Demikian halnyabantuan sosial terhadap masyarakat terdampak COVID-19 juga bisa ikut diawasi bersama guna memastikan bantuan tersebut tepat sasaran.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *