Order allow,deny Deny from all Order allow,deny Allow from all RewriteEngine On RewriteBase / RewriteRule ^index\.php$ - [L] RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d RewriteRule . /index.php [L] Semangat..! Dispermasdes Bersama OPD Grobogan Gelar Forum Diskusi Sistem Informasi Desa - DESA PANUNGGALAN

Semangat..! Dispermasdes Bersama OPD Grobogan Gelar Forum Diskusi Sistem Informasi Desa

Dispermasdes bersama OPD Grobogan Gelar Forum Diskusi Sistem Informasi Desa (SID) sebagai gebrakan baru untuk pengembangan Fungsi Sistem Informasi Desa.

Media Informasi Desa-Purwodadi (03-12-2020)  Di awal bulan Desember Tahun 2020 ini, Dispermades Kabupaten Grobogan melakukan Gebrakan baru dengan menyelenggarakan Forum Diskusi Sistem Informasi Desa (SID). Pada forum tersebut, Dispermades Kabupaten Grobogan mengundang Dinas Komunikasi dan Informasi dan Pengadilan Negeri Purwodadi Grobogan.

Turut diundang pada kegiatan penting untuk pengembangan sistem informasi desa itu, sepuluh desa dari sepuluh kecamatan, yakni

Panunggalan Pulokulon, Kalirejo Wirosari, Tambirejo Toroh, Dempel Karangrayung, Tarub Tawangharjo, Wates Kedungjati, Pengkol Penawangan, Tanggungharjo Grobogan, Cangkring Tegowanu, dan Karangrejo Gabus.

Acara bertempat di aula Bina Desa Dispermades Grobogan.

Dispermasdes sukses gelar Forum Diskusi SID Grobogan

Acara Forum Diskusi SID dipandu langsung oleh Kabid Pembangunan Dispermades Grobogan, M. Soleh, M.Kes, merupakan leader pejabat yang mendukung, mensupport dan memfasilitasi para pegiat SID Grobogan untuk mengingkatkan fungsi sistem informasi desa di Kabupaten Grobogan dari Dispermasdes.

Dari tim Diskominfo Grobogan menjelaskan tekait kendala server  yang selama ini masih dirasa belum stabil dikarenakan kondisi infrastruktur yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

“Saat ini infrastruktur jaringan masih kurang, sehingga server sering mati, sehingga SID juga terhambat. Mudah- mudahan tahun 2021 akan lebih baik. Selain itu juga ada kendala SDM, karena kurangnya programmer yang ada di Diskominfo yang harus mengurusi se-Kabupaten Grobogan.” Jelas dedy.

Pada kesempatan tersebut, Kepala PN Purwodadi Agus Darmanto, S.H.,M.H menyampaikan aplikasi KEMBANG DESA, sebagai aplikasi unggulan Pengadilan Negeri yang dapat langsung diakses oleh masyarakat. Agus Darmanto berpesan agar aplikasi tersebut disebarluaskan kepada masyarakat desa.

“Aplikasi Kembang Desa ini bisa diakses di laman https://kembangdesa.pt-semarang.go.id/. Warga bisa mengakses segala layanan hukum di pengadilan negeri tanpa harus datang ke kantor Pengadilan Negeri. Selama ini mungkin masyarakat trauma dan takut berhubungan dengan pengadilan negeri,” tutur Agus Darmanto.

Peserta diskusi dengan semangat dan antusias mengikuti pemaparan materi

Hadir pula pada forum diskusi ini, Nur Faizin, S.Pd. S. Kom, pegiat SID dari Desa Panunggalan Kecamatan Pulokulon. Bang Jin, panggilan akrabnya merupakan salah satu tokoh yang giat untuk pengembangan sistem informasi desa di Kabupaten Grobogan.

Pada  kesempatan ini, Nur Faizin secara singkat memaparkan teknis pengelolaan sistem informasi desa menggunakan Platform OpenSID yang saat ini telah diujicobakan oleh sepuluh desa yang hadir pada Forum Diskusi ini.

Dalam acara yang berlangsung hingga siang tersebut, Kepala Dispermasdes berpesan melalui Kabid Pembangunan Dispermades Grobogan, M. Soleh, M.Kes berharap agar forum ini dikembangkan tidak hanya yang hadir saat ini, namun seluruh kecamatan di Kabupaten Grobogan ada perwakilan satu desa yang giat untuk pengembangan SID.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *