Mengejutkan, Banyak Warga Dapat Bantuan Program BPUM

Akhir-akhir ini masyarakat dihebohkan adanya notifikasi / pemberitahuan melalui sms sebagai penerima program Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM) senilai 2,4 juta rupiah. Disisi lain, hal ini mengejutkan sekaligus membahagiakan. Selain sms tersebut, BRI juga memberikan fasilitas cek kepesertaan program BPUM dengan hanya memasukkan NIK dan Kode Verifikasi melalui aplikasi di eform.bri.co.id.

Dengan demikian, pada pekan ini kantor Desa Panungalan dipenuhi warga yang hendak mengajukan Surat Keterangan Domidili Usaha sebagai salah satu syarat untuk mencairkan dana bantuan tersebut.

Bagi masyarakat yang telah mendaftar dan ingin melakuan Pengecekan status penerima bantuan dari pemerintah untuk UMKM via bank penyalur. Untuk bank BRI, bisa dilakukan secara online melalui eform.bri.co.id dengan modal NIK KTP-el. Melalui layanan online ini, masyarakat tak perlu lagi datang ke Bank BRI untuk memastikan apakah dirinya sebagai penerima bantuan UMKM atau tidak.

Baca juga : Bantuan Presiden Bagi UKM diperpanjang

Bagaimana prosedur pengecekannya?

Secara lengkap, berikut ini panduan pengecekan untuk memastikan apakah seseorang mendapatkan bantan langsung tunai bagi UMKM atau yang biasa disebut BPUM atau tidak:

  1. Klik alamat website: https://eform.bri.co.id/bpum
  2. Isi nomor KTP Anda
  3. Masukkan Kode Verifikasi
  4. Klik Proses Inquiry
  5. Selanjutnya akan keluar pemberitahuan apakah Anda berhak mendapatkan bantuan atau tidak.

Jika dinyatakan sebagai penerima bantuan, maka langkah selanjutnya silahkan datang ke kntor Bank BRI terdekat.