Monev Pelaksanaan APBDes 2020

Monev Pelaksanaan APBDes 2020

Sebagaimana kita maklumi bersama, dengan adanya Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) dari APBN, serta Dana Bagi Hasil Pajak dan Restribusi Daerah, merupakan sumber pendapatan bagi desa yang harus dilaksanakan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), sedangkan Camat wajib melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyusunan, pelaksanaan dan pertanggung jawabannya.

Dalam rangka pembinaan dan pemantauan pelaksanan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2020, pada hari ini Jum’at (14/08/2020) Tim  Monitoring dan evaluasi (Monev)  Kecamatan Pulokulon meliputi Camat dan Kasi serta pendamping desa melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi di Desa Panunggalan. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa Panunggalan, Moch Pujiyanto dilanjutkan pembinaan oleh Kasi PMD Kecamatan Pulokulon, Drs. Kamal Abdul Nasir. Hadir pula pada kegiatan ini, Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Pulokulon, Babinsa 16/Pulokulon, Babinkamtibmas Polsek Panunggalan, Perangkat Desa dan Ketua BPD, yamsul Huda Muh, anggota BPD Desa Panunggalan di ruang Kepala Desa.

Kepala Seksi PMD Pulokulon Dr. Kamal Abdul Nasir mengatakan bahwa monev penggunaan dan pelaksanaan APBDes 2020 dilakukan pihak tim Kecamatan sebagai bentuk tanggungjawab dalam memastikan semua kegiatan berjalan dengan baik. “Tujuan monev ini bersifat pembinaan dan pengawasan agar penggunaan APBDes tepat sasaran dan sesuai perencanaan” ungkapnya. Diharapkan Pemerintah Desa mempunyai integritas yang tinggi sehingga dapat mewujudkan tata administrasi dan pengolaaan anggaran APBDesa yang baik serta dapat menyusun pelaporan sesuai dengan pelaksanaan kegiatan, tandasnya.

Selesai pembinaan, selanjutnya tim dibagi dua kelompok untuk melakukan pemeriksaan lapangan kegiatan pembangunan insfrastruktur yang bersumber dari Dana Desa APBN dan sumber-sumber lainnya yang dipimpin oleh Kasi PMD Pulokulon didampingi oleh Kepala Desa, TPK dan anggota BPD Desa Panunggalan. Dipimpin oleh Kasi Tata Pemerintahan Priyono didampingi Pendamping Desa, tim ini melakukan pemeriksaan berkas administrasi pengelolaan APBDes 2020.

Akhir dari monitoring dan evaluasi ini, tim berharap dengan terlaksananya kegiatan monitoring dan evaluasi ini akan meminimalisir dan mengantisipasi kesalahan dan penyimpangan penggunaan dana di desa yang ada di Kecamatan Pulokulon, sehingga tidak ada yang berakibat buruk, apalagi sampai masuk ke ranah hukum.

Previous
Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *