Aplikasi "KEMBANG DESA" Layani Masyarakat Desa Untuk Akses Layanan Pengadilan

Sebagai langkah kesiapan desa di Kabupaten Grobogan terkait penerapan layanan Online Pengadilan Negeri Purwodadi, hari ini Selasa (05/01/2021) Kepala Pengadilan Negeri Purwodadi, Agus Darmanto, S.H, M.H bersama Tim melaksanakan kunjungan monitoring ke Desa Panunggalan Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan. Sekira pukul 10.00 WIB, Tim Pengadilan Negeri Purwodadi tersebut tiba di Kantor Desa Panunggalan.

 

Kepala Desa, Moch. Pujiyanto didampingi Kepala Urusan TU dan Umum Panunggalan, Nur Faizin, S.Pd dapat langsung menyambut dan menemui Tim. Pada kunjungan ini, Agus Darmanto, S.H, M.H menyampaikan tujuan kunjungan kepada Kepala Desa Panunggalan terkait dengan layanan Pengadilan Negeri Kemitraan Desa berupa layanan Aplikasi “KEMBANG DESA”.

 

“Aplikasi tersebut merupakan inovasi unggulan sebagai bentuk layanan PN yang bermitra dengan Desa.” Jelas Agus Darmanto, S.H, M.H.

 

Agus Darmanto, S.H, M.H menambahkan bahwa dengan aplikasi Kembang Desa ini masyarakat mengenali dan memahami keberadaan Pengadilan Negeri di wilayah masing-masing. Selain itu, masyarakat juga bisa mendapatkan pelayanan hukum dengan mudah melalui aplikasi Kembang Desa (Kemitraan Membangun Desa).

 

“Mengingat selama ini banyak masyarakat yang belum mengenal ataupun mengetahui berbagai layanan Pengadilan Negeri yang dikemas dalam bentuk layanan Online Berbasi Website,” imbuhnya.

 

Dijelaskan, Masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi Kembang Desa yang dapat diakses di http://kembangdesa.pt-semarang.go.id/.

Untuk panduan penggunaan aplikasi dapat dilihat pada :

https://kembangdesa.pt-semarang.go.id/buku_panduan_kembang_desa.pdf.

 

Masyarakat juga dapat mengakses aplikasi Kembang Desa di kantor Desa/ kelurahan setempat melalui website Desa / Sistem Informasi Desa (SID). Aplikasi tersebut berbasis website dengan tujuan memberikan kemudahan akses informasi terhadap seluruh layanan yang ada di Pengadilan.

 

Adapun data informasi dan video edukasi Kembang Desa lainnya silakan diklik pada tautan dibawah ini :

 

Info Perkara Pengadilan Tinggi dan Seluruh Pengadilan Negeri di Semarang

Tata Cara Pengajuan Surat Keterangan Online di Pengadilan

Tata Cara Pendaftaran Perkara di Pengadilan

Tata Cara Pengajuan Izin Riset

Tata Cara Pengajuan Izin Besuk Tahanan di Pengadilan

 

“Jadi masyarakat yang memerlukan bantuan atau layanan hukum bisa ke kantor Desa/Kelurahan dulu sebelum ke kantor pengadilan atau bisa secara mandiri lewat aplikasi yang tersedia di SID masing-masing desa,” tutur Agus Darmanto, S.H, M.H.

Melalui aplikasi ini, lanjut Bapak Agus, masyarakat bisa mengakses pendaftaran perkara secara online, pelayanan surat keterangan pengadilan secara elektronik, informasi perkara banding/perkara pertama diseluruh wilayah Pengadilan Negeri se-Jawa Tengah,

“Izin besuk tahanan di pengadilan, pelayanan konsultasi hukum melalui posbakum (pos bantuan hukum) serta layanan PTSP on-call/ layanan call center ke seluruh pengadilan se-Jawa Tengah,” lanjutnya.

 

Agus Darmanto,SH., MH berharap, semua komponen, baik dari Pemerintah Kabupaten hingga desa dapat mendukung inovasi aplikasi Kembang Desa ini.

 

“Karena dengan adanya aplikasi ini dapat mengedukasi masyarakat dan mempermudah masyarakat untuk mengakses mendapatkan pelayanan hukum Pengadilan Negeri” pungkas Agus Darmanto, S.H, M.H. (BangJin)