Bimbingan Teknis Aplikasi "Jogo Tonggo" Bagi Operator Desa Se-Pulokulon

Media Informasi Desa-Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Pulokulon melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi “Jogo Tonggo” di Aula Pertemuan Kecamatan Pulokulon, Selasa (24/11/2020). Acara ini dihadiri oleh Operator Desa, Pendamping Desa dan Petugas Kesehatan dari Puskermas Pulokulon sebagai Trainer pengisian data aplikasi “Jogo Tonggo”.

Acara ini dibuka oleh Camat Pulokulon, Sudarmoyo, S.Sos., M.H yang didampingi Kepala Seksi Kesra Pulokulon, Pujiwati. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan arahan pemerintah provinsi terkait dengan laporan kegiatan penanganan Covid-19. Aplikasi “Jogo Tonggo” ini menjadi gugus tugas paling depan yang berada di tingkat RW atau Pemerintah Desa. Melalui aplikasi ini memuat permasalahan masyarakat di bidang Kesehatan, Sosial & Keamanan, Ekonomi dan Hiburan yang terdampak Covid-19.

Bimbingan Teknis ini dimaksudkan untuk menjelaskan secara detail terkait dengan tata cara penginputan data di aplikasi Jogo Tonggo. Setiap kelurahan wajib melaporkan perkembangan Covid-19 di daerahnya melalui username dan password yang telah diberikan oleh Administrator, sehingga pemerintah provinsi dapat melakukan monitoring melalui aplikasi “Jogo Tonggo”.

Penjelasan terkait aplikasi ini dipaparkan oleh Sulistyorini,S.Pd selaku Pendamping Desa Wilayah Kecamatan Pulokulon.

“Terdapat  4 aspek yang perlu dilengkapi yaitu kesehatan, sosial dan keamanan, ekonomi, serta hiburan. Sinergitas 4 aspek tersebut merupakan upaya percepatan penanganan Covid-19” Jelasnya.

Selanjutnya Sulistyorini berpesan, agar para operator yang mengikuti Bimbingan Teknis ini untuk membentuk tim operator wilayah Dusun dan membuatkan Username dan Password masing-masing Operator Dusun, agar nantinya Operator tersebut dapat melakukan input data yang telah didapat ke aplikasi Jogo Tonggo. (BJ)